“Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada
berbagai platform sistem
operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi,
tetapi dikembangkan untuk berbagai system operasi dan bersifat open
source.”
Disini saya diberikan sebuah THR (Tugas Hari Raya), tugas
ini dibedakan menjadi 2 yaitu satu Soal Ganjl dan satu Soal Genap.
Kebetulan saya mendapatkan Soal Ganjil.
Beginilah bentuk soalnya :
Masalah Soal Nis Ganjil
Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java
dengan algoritma dan ketentuan berikut ini:
Program Menentukan
Jumlah Bilangan Positif dan Negatif
Tools
yang digunakan : Teks Editor
(Notepad, Wordpad, Notepad++, Komodo, etc).
Input
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan ke 1 :
Bilangan ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan ke N :
Output
Jumlah Bilangan Positif :
Jumlah Bilangan Negatif :
|
Contoh
:
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan ke 1 : -5
Bilangan ke 2 : -7
Bilangan ke 3 : 9
Bilangan ke 4 : 4
Bilangan ke 5 : 2
Output
Jumlah Bilangan Positif : 3
Jumlah Bilangan Negatif : 2
|
Algoritma
Penilaian
(Poin 110)
1. Penamaan
variable ,operator, komentar untuk
penjelasan program. ( Poin 10)
2. Program
dibuat lebih dari satu file class dan
satu method (satu method harus berjenis fungsi – memiliki nilai kembalian) ( Poin 25)
3. Penggunaan
Class Library untuk Input dari Keyboard( Poin 30)
4. Pengunaan
Struktur Kontrol (Conditional dan Looping). ( Poin 20)
5. Program
sesuai dengan Algortima yang
diberikan ( Poin 25)
Panyelesaian
MEMBUAT SCRIP UNTUK CLASS
YANG PERTAMA, YAITU MENGINPUT, MELOOPING
DAN MENYELEKSI.
1. Buka aplikasi NetBeans IDE 7.1 Beta
2. Buat project baru beri nama (contoh
: TugasHariRayaGanjil)
3. Klik kanan di nama project tersebut
= new à java package beri nama (Contoh :
JumlahPositifNegatif)
4. Klik kanan di package = new à java class beri nama
(Contoh : Soalganjil)
5. MEMBUAT SCRIPT
SoalGanjil.java
/*
* To change
this template, choose Tools | Templates and open the template in
* the editor.
*/
package JumlahPositifNegatif;
import java.util.Scanner; /*import class
library bernama java.util.Scanner untuk input dari keyboard menggunakan
fasilitas Scanner*/
/**
*
* @author Firda
Nur Jannah
*/
public class Soalganjil
{ //menandakan
nama class yaitu Soalganjil (Dalam Java, semua kode seharusnya ditempatkan di
//dalam deklarasi
class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class. Sebagai
//tambahan, class
menggunakan access specifier public, yang mengindikasikan bahwa class
//kita mempunyai
akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula)
Scanner look = new Scanner(System.in); //menginstansiasi menggunakan
class library scanner
int[] bilangan = new int[100];//
mendeklarasikan
variabel
int bacabilangan; //mendeklarasikan
variabel bernama “bacabilangan” dengan tipe data integer
int positif;
//mendeklarasikkan variabel bernama “positif” dengan tipe
data integer
int negatif; //mendeklarasikan
variabel bernama “negatif” dengan tipe data integer
public void input(){
System.out.print("Jumlah bilangan
yang akan dimasukan :"); //menampilkan
"Jumlah bilangan yang akan dimasukan :" pada layar output
bacabilangan = look.nextInt(); //converting
for (int x= 1; x<= bacabilangan ; x++){ //mengulang untuk
inputan user
System.out.print("Bilangan ke
"+x+ "
: "); //menampilkan "Bilangan ke
"+x+ " : " pada layar
bilangan[x] = look.nextInt(); //converting
}
proses(bacabilangan, bilangan, positif, negatif);//pass by reference
}
public static int proses
(int a, int[]
b, int p, int n){//method
accecor/function
for (int x= 1; x<=a; x++){ // looping
//struktur conditional if-else
if (b[x] > 0){ //boolean ekspression 1
p = p+1; //statement 1
}
else if (b[x] < 0){ // boolean ekspression 2
n = n+1; //statement 2
}
}
System.out.println("Output");//menampilkan
"Output" pada layar
System.out.println("Jumlah
Bilangan Positif :" +p);//menampilkan "Jumlah Bilangan
Positif :" pada layar
System.out.println("Jumlah
Bilangan Negatif :" +n);//menampilkan "Jumlah
Bilangan Negatif :" pada layar
return a; // nilai kembalian dari a
} // menutup method utama dan masing-masing class
} // menutup
method utama dan masing-masing class
6. MEMBUAT SCRIP UNTUK CLASS
YANG KEDUA.
SoalGanjilTest.java
/*
* To change this template, choose Tools |
Templates and open the template in
* the editor.
*/
package JumlahPositifNegatif;
/**
*
* @author Firda Nur Jannah
*/
public class Soalganjiltest
{//menunjukan bahwa nama class yaitu Soalganjiltest
public static void main(String[] args) {//mengindikasikan
nama suatu method dalam class Hello yang bertindak sebagai method
//utama. Method
utama adalah titik awal dari suatu program Java. Semua program kecuali
//applet yang
ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama. Yakinkan untuk
//mengikuti kaidah
penulisan tanda yang benar.
Soalganjil
out= new Soalganjil(); //instansiasi
out.input(); // menampilkan inputan
}
}
7. DI RUN, SETELAH DI RUN PADA CLASS SoalGanjilTest.java HASIL OUTPUTNYA AKAN TERLIHAT SEPERTI BERIKUT.
Output
NB : Ketika user menginput angka 0 (nol), maka 0 tidak akan terhitung karena 0 tidak termasuk pada Bilangan Positif, dan tidak juga termasuk Bilangan Negatif.
"Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 sehingga tidak lagi dimasukkan secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan."
postingan ini dibuat berdasarkan tugas produktif JAVA, silahkan mencoba^^
please Download JumlahPositifNegatif.class
please Download JumlahPositifNegatif.jar
yg c++ nya dong
BalasHapus