Jumat, 31 Agustus 2012

Program Menentukan dan Menjumlah Banyaknya Bilangan Positif dan Negatif


“Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem operasi. Perkembangan Java tidak hanya terfokus pada satu sistem operasi, tetapi dikembangkan untuk berbagai system operasi dan bersifat open source.”

Disini saya diberikan sebuah THR (Tugas Hari Raya), tugas ini dibedakan menjadi 2 yaitu satu Soal Ganjl dan satu Soal Genap. Kebetulan saya mendapatkan Soal Ganjil. Beginilah bentuk soalnya :

Masalah Soal Nis Ganjil
Buatlah sebuah program dengan menggunakan bahasa java dengan  algoritma dan ketentuan berikut ini:
Program Menentukan Jumlah Bilangan Positif dan Negatif
Tools yang digunakan : Teks Editor (Notepad, Wordpad, Notepad++, Komodo, etc).

Input
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : N
Bilangan ke 1 :
Bilangan ke 2 :
…………………
………………...
Bilangan ke N :

Output
Jumlah Bilangan Positif   :
Jumlah Bilangan Negatif :
Contoh :
Jumlah bilangan yang akan dimasukan : 5
Bilangan ke 1 : -5
Bilangan ke 2 : -7
Bilangan ke 3 : 9
Bilangan ke 4 : 4
Bilangan ke 5 : 2

Output
Jumlah Bilangan Positif   : 3
Jumlah Bilangan Negatif :  2
Algoritma
Penilaian (Poin 110)
1.     Penamaan variable ,operator, komentar untuk penjelasan program. ( Poin 10)
2.     Program dibuat lebih dari satu file class dan satu method (satu method harus berjenis fungsi – memiliki nilai kembalian) ( Poin 25)
3.     Penggunaan Class Library untuk Input dari Keyboard( Poin 30)
4.     Pengunaan Struktur Kontrol  (Conditional dan Looping). ( Poin 20)
5.     Program sesuai dengan Algortima yang diberikan ( Poin 25)
Panyelesaian
MEMBUAT SCRIP UNTUK CLASS YANG PERTAMA, YAITU  MENGINPUT, MELOOPING DAN MENYELEKSI.
1. Buka aplikasi NetBeans IDE 7.1 Beta
2. Buat project baru beri nama (contoh : TugasHariRayaGanjil) 
3. Klik kanan di nama project tersebut = new à  java package  beri nama (Contoh : JumlahPositifNegatif)
4. Klik kanan di package = new à java class beri nama (Contoh : Soalganjil)
5. MEMBUAT SCRIPT

SoalGanjil.java
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package JumlahPositifNegatif;

import java.util.Scanner; /*import class library bernama java.util.Scanner untuk input dari keyboard menggunakan fasilitas Scanner*/

/**
 *
 * @author Firda Nur Jannah
 */
public class Soalganjil { //menandakan nama class yaitu Soalganjil (Dalam Java, semua kode seharusnya ditempatkan di
//dalam deklarasi class. kita melakukannya dengan menggunakan kata kunci class. Sebagai
//tambahan, class menggunakan access specifier public, yang mengindikasikan bahwa class
//kita mempunyai akses bebas ke class yang lain dari package yang lain pula)
   
    Scanner look = new Scanner(System.in); //menginstansiasi menggunakan class library scanner

    int[] bilangan = new int[100];// mendeklarasikan variabel
    int bacabilangan; //mendeklarasikan variabel bernama “bacabilangan” dengan tipe data integer
    int positif; //mendeklarasikkan variabel bernama “positif” dengan tipe data integer
    int negatif; //mendeklarasikan variabel bernama “negatif” dengan tipe data integer
   
    public void input(){
        System.out.print("Jumlah bilangan yang akan dimasukan :"); //menampilkan "Jumlah bilangan yang akan dimasukan :" pada layar output
       bacabilangan =  look.nextInt(); //converting
       
        for (int x= 1; x<= bacabilangan ; x++){ //mengulang untuk inputan user
            System.out.print("Bilangan ke "+x+ " : "); //menampilkan "Bilangan ke "+x+ " : " pada layar
            bilangan[x] = look.nextInt(); //converting
        }
        proses(bacabilangan, bilangan, positif, negatif);//pass by reference
       
   }
   
    public static int proses (int a, int[] b, int p, int n){//method accecor/function
        for (int x= 1; x<=a; x++){ // looping
            //struktur conditional if-else
            if (b[x] > 0){ //boolean ekspression 1
               p = p+1; //statement 1
            }
               else if (b[x] < 0){ // boolean ekspression 2
                n = n+1;    //statement 2
            }
        }
       
        System.out.println("Output");//menampilkan "Output" pada layar
        System.out.println("Jumlah Bilangan Positif   :" +p);//menampilkan "Jumlah Bilangan Positif   :" pada layar
        System.out.println("Jumlah Bilangan Negatif   :" +n);//menampilkan "Jumlah Bilangan Negatif   :" pada layar
       
        return a; // nilai kembalian dari a
    }  // menutup method utama dan masing-masing class
} // menutup method utama dan masing-masing class

6. MEMBUAT SCRIP UNTUK CLASS YANG KEDUA.

SoalGanjilTest.java
/*
 * To change this template, choose Tools | Templates and open the template in
 * the editor.
 */
package JumlahPositifNegatif;

/**
 *
 * @author Firda Nur Jannah
 */
public class Soalganjiltest {//menunjukan bahwa nama class yaitu Soalganjiltest
public static void main(String[] args) {//mengindikasikan nama suatu method dalam class Hello yang bertindak sebagai method
//utama. Method utama adalah titik awal dari suatu program Java. Semua program kecuali
//applet yang ditulis dalam bahasa Java dimulai dengan method utama. Yakinkan untuk
//mengikuti kaidah penulisan tanda yang benar.
        Soalganjil out= new Soalganjil(); //instansiasi
        out.input();                      // menampilkan inputan
    }
}
7. DI RUN, SETELAH DI RUN PADA CLASS SoalGanjilTest.java HASIL OUTPUTNYA AKAN TERLIHAT SEPERTI BERIKUT.
Output

NB : Ketika user menginput angka 0 (nol), maka 0 tidak akan terhitung karena 0 tidak termasuk pada Bilangan Positif, dan tidak juga termasuk Bilangan Negatif.

"Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah (0, 1, 2, 3, ...) dan negatifnya (-1, -2, -3, ...; -0 adalah sama dengan 0 sehingga tidak lagi dimasukkan secara terpisah). Bilangan bulat dapat dituliskan tanpa komponen desimal atau pecahan."

postingan ini dibuat berdasarkan tugas produktif JAVA, silahkan mencoba^^


please Download JumlahPositifNegatif.class
please Download JumlahPositifNegatif.jar


1 komentar:

Followers